11 Cara Mengatasi hp Cepat Panas dan Cara Ampuh Mengatasinya - Agung Malang - Berita Dunia Seputar Teknologi & Informasi

11 Cara Mengatasi hp Cepat Panas dan Cara Ampuh Mengatasinya

Apa penyebab HP cepat panas dan boros baterai? Ada banyak penyebab hp cepat panas. Berikut Agung Malang bagikan Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai.

Saat bermain smartphone,  tak jarang smartphone sering panas. Kenapa hp cepat panas dan boros baterai ?

Tentu banyak faktor yang mempengaruhi panasnya hp, baik dari masalah hardware, suhu ruangan, dan tak luput dari terlalu lama bermain game dan streaming. 


Saat hp panas, tentu hal ini akan mengganggu kita dalam bermain hp. 

Dampak langsungnya adalah tangan kita akan terganggu karena panasnya HP. Lebih susahnya lagi, performa pada HP yang menurun karena hardware sudah mencapai batasnya. 

Jika kalian acuh tak acuh, maka efeknya akan terasa baik cepat atau lambat. Panas pada HP yang berlebih dapat menimbulkan efek bahaya yang besar bila  tidak segera diatasi. 

Bisa jadi, baterai menjadi lebih boros, lebih buruknya smartphone kamu mengalami overheat dan tidak dapat digunakan lagi. 

Menghindari bahaya yang ditimbulkan dari smartphone yang panas, maka dapat membuat HP kamu berumur lebih panjang. 

Nah, kali ini Agung Malang akan membagikan penyebab HP panas dan batre boros Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai.

Penggunaan HP yang Berlebihan

Menggunakan smartphone untuk bermultitasking seperti chatting, browsing , streaming, nonton film, atau bahkan bermain game baik offline maupun online dalam waktu yang lama dapat membuat HP kamu panas. 

Hal ini dikarenakan komponen di dalamnya khususnya prosesor harus bekerja sangat keras untuk menjalankan kerja semua itu. Dikarenakan prosesor membutuhkan daya dari baterai, maka baterai mengalami kenaikan suhu.

Namun, perlu diingat bahwa sumber panas terbesar pada smartphone adalah berasal dari prosesor smartphone itu sendiri. 

Solusi 

Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai yang pertama adalah dengan Gunakan smartphone sewajarnya.

Jangan gunakan smartphone jika bagian case smartphone sudah mulai terasa hangat karena ini mengindikasikan jika prosesor kamu sedang bekerja keras.  Penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan umur smartphone semakin pendek. 

Kondisi Ruangan Sekitar

Jika kamu berada di ruangan yang panas, maka otomatis smartphone akan memiliki suhu panas yang sama dengan ruangan.  

Karena Smartphone panas, maka prosesor  akan panas juga dan bisa –  bisa  mengalami overheat. 

Solusi

Gunakan smartphone pada ruangan yang bersuhu ruangan. Jangan gunakan hp di suhu dingin.

Suhu dingin akan membuat smartphone bersuhu dingin pula yang menyebabkan kelembapan pada hardware ponsel. 

Lembab dapat mengkaratkan perangkat Anda. Hal ini tentu dapat merusak ponsel. 

Aplikasi di Latar Belakang

Aplikasi yang Anda matikan biasanya masih berjalan di Latar belakang. Aplikasi tersebut masih menggunaka  memori RAM dan prosesor untuk menjalankannya. 

Jika ada banyak aplikasi di background masih berjalan, pasti akan memaksa kinerja prosesor. Prosesor akan menguras daya baterai dan ujung – ujungnya baterai panas. 

Di samping itu, aplikasi yang memerlukan Internet , bisa menguras kuota smartphone Anda.

Solusi 

Selalu hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan tekan tombol Home selama dua detik, atau tekan tombol ikon bergaris tiga pada ponsel lalu hapus aplikasi yang berjalan.

Dengan menerapkan Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai ini, tentu membuat ponsel kamu semakin adem dan karena ram diberi kebebasan.

Spesifikasi smartphone 

Jika Anda memiliki smartphone yang berprosesor yang berclockspeed besar, jumlah core/inti banyak sehingga memiliki performa bermultitasking yang tinggi, lagi-lagi baterai kena imbasnya yang membuat smartphone Anda panas. 

Solusi :

Jika smartphone sudah terasa panas, maka istirahatkan smartphone. Selain itu, gunakan aplikasi pihak ketiga pendingin smartphone yang dapat mengoptimalkan suhu smartphone Anda. 

Aplikasi yang kami sarankan antara lain : 

  • Clean Master
  • Go Speed
  • Cool Master

Virus Smartphone 

Virus smartphone Anda mungkin menjadi penyebab ponsel Anda memiliki panas berlebih. Virus ini bisa berupa malware yang Anda dapatkan ketika Anda menginstall aplikasi yang tidak Anda download dari

PlayStore. 

Selain itu, juga bisa didapatkan dari situs – situs yang berbahaya. Malware bisa mencuri data-data pada smartphone dan membuat smartphone lebih lambat dari biasanya dikarenakan dapat menghambat kinerja dan membuat smartphone tidak optimal. 

Solusi 

Selalu scan virus smartphone kamu agar smartphone terhindar dari virus-virus berbahaya. Meskipun smartphone sudah dilengkapi pengaman agar virus tidak bisa menerobos keamanan sistem, namun bisa saja virus masih bisa menerobosnya. Dengan scan hp secara berkala, maka kamu sudah melakukan salah satu Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai.

Aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk scan virus adalah 

  • IOBit Applock –  Privacy Protect
  • Security Master
  • AVG Antivirus Security
  • 360 Security
  • Virus Cleaner
  • Kaspersky Mobile Antivirus
  • Avast Antivirus
  • Avira Antivirus
  • Antivirus Free

Menggunakan saat Pengisian Daya

Ketika Anda menggunakan smartphone saat dicharge, pengisian daya menjadi tidak efisien. Daya listrik yang masuk ke baterai langsung digunakan saat itu juga. 

Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan baterai dan perangkat Anda. Smartphone akan menjadi lebih panas dari biasanya dikarenakan baterai digunakan untuk 2 kegiatan yang bersamaan, yang mengakibatkan hp panas saat dicas.

Bermultitasking saja menyebabkan meningkatnya suhu ponsel, apalagi dengan mencharge perangkat seluler, tambah double panasnya. 

Solusi 

Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai untuk poin ini adalah dengan Charge baterai pada kondisi airplane mode / mati. Jangan gunakan smartphone saat dicas agar pengisian daya baterai HP menjadi lebih optimal.

Penggunaan Case yang Salah

Case yang terbuat dari bahan yang jelek dalam sirkulasi udara dan perambatan panas adalah contoh case yang buruk bagi kesehatan smartphone. 

Pasalnya, panas yang dikeluarkan oleh ponsel seharusnya dapat terbuang ke udara. Namun, case yang salah dapat menghambat pengeluaran panas ini yang berakibat fatal bagi ponsel. Case yang berjenis hardcase adalah contoh case yang baik untuk menahan panas dan benturan. 

Sayangnya case ini memiliki ukuran yang besar, sehingga saat disimpan dalam saku rasanya kurang pas. Case berjenis softcase adalah contoh case yang buruk bagi pengaliran panas

Solusi 

Gunakan case yang mudah menyerap panas smartphone. Jika saat Anda mengalami smartphone yang overheat, maka buka case dan angin-anginkan smartphone agar panas dapat keluar.

Jumlah File yang Berlebihan

Saat kita melihat iklan-iklan aplikasi smartphone, sering kita terbujuk untuk mendownloadnya. Padahal, ujung- ujungnya tak mesti kita menggunakan aplikasi tersebut. 

Aplikasi yang tak berguna dapat menumpuk dan membuat kinerja smartphone lebih keras lagi. 

Sama halnya dengan file dan cache yang dapat memberatkan smartphone kita yang dapat menyebabkan prosesor menjadi cepat panas. Manajemen file yang baik akan membuat smartphone Anda memiliki kinerja yang cepat, tidak mudah panas, dan responsif. 

Solusi 

Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai selanjutnya adalah dengan selalu cek aplikasi Anda yang tidak Anda gunakan. Buka folder galeri dan dokumen Anda dan hapus beberapa data yang dirasa kurang penting. Jika dirasa penting backup ke internet atau ke hardisk laptop/pc. 

Aplikasi yang dapat membantu untuk menghapus file tak berguna antara lain 

  • Avast Cleanup & Boost
  • CCleaner
  • Cleanmaster dan Cleanmaster (Lite) <- Ringan
  • AMCSecurity
  • File Manager  

Brightness yang Tinggi dalam Waktu yang Lama

Jangan sepelekan kecerahan layar hp yang tinggi adalah hal yang kecil. Padahal, penggunaan layar, dapat menguras daya baterai ponsel yang tidak sedikit. Apalagi ditambah dengan screen timeout yang lama menambah beban baterai Anda. 

Bisa saja ketika Anda lupa mematikan smartphone ketika di dalam tas, dan layar tetap hidup dalam waktu yang lama. Tentu saja smartphone dapat dengan mudah panas.

Solusi 

Atur brightness smartphone agar enak dipandang mata, namun masih dapat menghemat baterai. Juga Atur screen timoutmaksimal 1 menit mati untuk berjaga-jaga jika kita kelupaan mengunci ponsel. Cara mengatasi hp cepat panas dan boros beterai kali ini cukup efektif untuk menghemat baterai dan membuat hp tetap adem.

Spesifikasi Smartphone yang Rendah

Spesifiknya ponsel yang rendah namun memaksakan untuk menjalankan sekaligus banyak sekali aplikasi dapat membuat kinerja prosesor kewalahan dan membuat suhunya meningkat drastis. 

Contoh keadaan seperti ini adalah Anda menggunakan aplikasi BBM, Instagram, WhatsApp, game-game ringan namun dengan smartphone berspesifikasi RAM 512 Mb dan prosesor berinti 2-core.

Meskipun dapat berjalan lambat, namun dapat membuat perangkat cepat panas. Di sisi lain, terkadang smartphone juga mengalai reboot sendiri. 

Solusi 

Gunakan aplikasi yang cocok untuk spesifikasi smartphone Anda. Jangan memaksakan aplikasi yang berat dan spesifikasi ponsel tidak mampu untuk melakukannya. 

Rusak/Aus Pada Hardware

Jika saja terjadi aus atau karat pada hardware smartphone (CPU, IC, Kapasitor, dll) maka kinerja smartphone menjadi tidak optimal dan cepat panas. 

Aus biasanya terjadi karena ponsel terendam ke dalam air dan membuat air masuk ke dalam sela-sela dan merusak piranti smartphone. 

Solusi

Selalu jaga smartphone dari air. Jika ponsel Anda terendam air, segera lakukan pengeringan  dengan menggunakan beras, dan sesegera mungkin bawa ke jasa servis ponsel agar air di dalam ponsel dapat dikeringkan. 

Belum ada Komentar untuk "11 Cara Mengatasi hp Cepat Panas dan Cara Ampuh Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close