10 Daftar Aplikasi Diblokir Kominfo Hari Ini karena Tak Daftar PSE - Paypal - Steam - Epic Games - Agung Malang - Berita Dunia Seputar Teknologi & Informasi

10 Daftar Aplikasi Diblokir Kominfo Hari Ini karena Tak Daftar PSE - Paypal - Steam - Epic Games

Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) akhirnya menepati janjinya untuk memblokir platform digital yang tidak mendaftar dan mematuhi aturan ruang lingkup pribadi organizer sistem elektronik (PSE).

Memblokir platform digital yang tidak mendaftar sampai batas waktu akhir dimulai dari Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB tadi malam.

Langkah pemblokiran situs yang dilakukan Kominfo tersebut menuai cibiran dari netizen. Tercatat sejak Sabtu hingga Minggu (30-31/7/2022) ini, tagar #BlokirKominfo masih menjadi salah satu trending pembahasan netizen.

Hingga hari ini, #BlokirKominfo masih bertengger di top trending twitter dengan cuitan lebih dari 104 ribu cuitan.

Menyikapi hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang beroperasi di Indonesia sudah selayaknya mengikuti aturan yang berlaku di negara ini.

Semuel pada Jumat mengungkapkan bahwa ada 10 PSE yang belum terdaftar, dan akan diblokir jika belum mendaftar di Sabtu ini. PSE tersebut antara lain Amazon (e-commerce), PayPal, Yahoo (search engine), Bing (seach engine), Steam (marketplace game), Dota (game online), Counter Strike atau CS (game online) Epic Game, Battle.net, Origins/Electronic Arts.

“Kita membuka diri, para penyelenggara game dari luar negeri (ingin) beroperasi silakan, tapi, ikuti aturan Indonesia,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dikutip Minggu (31/7/2022).

Warganet memprotes kebijakan Kominfo dan menganggap kementerian tidak mendukung perkembangan eSports di Indonesia. Beberapa game yang diblokir itu menjadi game yang dilombakan bahkan hingga tingkat mancanegara.

Menjawab ini, Semuel mengatakan kebijakan ini adalah bentuk dukungan mereka untuk pengembangan game esports di Indonesia.

Kondisinya adalah, mereka harus mematuhi aturan yang berlaku di negara ini.

"Tapi, kami tidak bisa mentolerir permainan mencari uang di Indonesia, tetapi tidak ingin mendaftar, tidak ingin mengikuti aturan di Indonesia," kata Semuel.

Jika pemain besar industri game global tidak ingin mendaftar, Semuel melihat ini adalah kesempatan bagi pemain lokal untuk tumbuh.

Berikut ini adalah daftar situs dan aplikasi yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi:

  • Yahoo
  • PayPal
  • Epic Games (platform distribusi game)
  • Steam (platform distribusi game)
  • Dota (game)
  • Counter Strike (game)
  • Origin (EA)
  • com. [Red]

Belum ada Komentar untuk "10 Daftar Aplikasi Diblokir Kominfo Hari Ini karena Tak Daftar PSE - Paypal - Steam - Epic Games"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close