Menjadi Blogger: Dan hasilkan uang, apa saja yang harus disiapkan ? - Agung Malang - Berita Dunia Seputar Teknologi & Informasi

Menjadi Blogger: Dan hasilkan uang, apa saja yang harus disiapkan ?

1. Blogger.com

Berbeda dari WordPress, di Blogger.com Anda tidak perlu hosting dan hanya membutuhkan domain, yang opsional. Tanpa membeli domain, blog Anda masih dapat diakses. Hanya saja alamat blog Anda menggunakan platform Subdomain (gratis) Blogger.com default, yaitu ".blogspot.com".

Jika Anda sering mengakses blog yang menggunakan sufiks ".blogspot.com" berarti blog dibuat di blogger.com misalnya: www.helmykediri.blogspot.com. Sementara itu, jika Anda tidak menggunakan ".blogspot.com" berarti blog dapat berasal dari Blogger.com dan mungkin juga berasal dari selain Blogger.com.

Karena semua layanan blog harus menyediakan fitur instalasi subdomain gratis untuk pengguna. Anda hanya perlu mengakses www.blogger.com dan masuk menggunakan akun Google kemudian mengisi blog yang diinginkan, alamat blog dan pilih tema default untuk blog Anda. Kurang dari 2 menit blog Anda dapat diakses oleh semua orang di depan umum.

Blog adalah jenis situs, sedangkan blogger adalah orang yang mengisi konten di situs dan blogger.com adalah layanan platform pembuatan situs blog seperti Wix, WordPress, Tumblr dan sebagainya.

Menjadi seorang blogger itu menyenangkan dan menguntungkan, Anda bebas untuk mengekspresikan diri melalui penulisan, video, dan gambar yang dapat diakses secara bebas tanpa aturan apa pun selama tidak mengarah pada tindakan kriminal.

Mendistribusikan konten apa pun untuk konsumsi publik dan tentu saja seorang blogger dapat menghasilkan uang dari pekerjaannya.

Selain itu, Anda juga dapat menawarkan layanan penempatan konten, ulasan produk, mendukung dan membuat blog sebagai CVS untuk melamar pekerjaan


2. WordPress

Ada 2 situs WordPress (WP) yaitu WordPress.com dan WordPress.org sementara mereka yang akan dibahas di sini adalah WordPress.org atau biasanya orang menyebutnya WordPress sendiri, yang merupakan platform sumber terbuka yang dapat Anda unduh dan instal melalui Panel kontrol (cpanel) dalam hosting yang telah Anda sewa sebelumnya.

Jika dilihat dalam hal manajemen, WordPress sedikit lebih teknis daripada Blogger.com. Karena membutuhkan biaya untuk menyewa hosting, domain, tidak termasuk biaya pemeliharaan yang dibutuhkan, Anda harus terlebih dahulu belajar dengan menginstal WordPress di komputer LocalHost dengan perangkat lunak XAMPP karena tidak ada biaya dan dapat diakses offline/lokal.

Instal WordPress secara lokal menggunakan XAMPP

Metode ini biasanya digunakan untuk berlatih sebelum membuat versi online tentang hosting. WordPress yang dibuat dengan XAMPP hanya dapat diakses sendiri di komputer yang sama atau di jaringan yang sama. XAMPP bertujuan untuk membuat server di komputer Anda sendiri, seperti memiliki hosting tetapi dalam ruang lingkup ruang hanya di komputer Anda dan tidak online untuk umum.

Panduan Instal WordPress di XAMPP:

https://webhostmu.com/carainstall-wordpress-di-localhost.

Anda juga dapat mengunduh XAMPP melalui situs web resminya di sini

https://www.apachefriends.org/download.html

Menginstal WordPress saat hosting

Anda tidak perlu mengunduh file di wordpress.org karena setiap layanan hosting telah difasilitasi oleh penyedia (hampir semua layanan hosting memiliki ini! Kami hidup di era yang mudah yang hanya mengklik finish-next-next ..) termasuk cpanel. Pilih tempat terbaik untuk membeli hosting, Anda harus membeli hosting dan domain dari 1 tempat yang sama, jadi Anda tidak perlu bingung tentang hosting dan domain.

Rekomendasi untuk tempat hosting terbaik:

a. https://idwebhost.com/

b. https://www.niagahoster.co.id/

c. https://www.rumahweb.com/

d. https://www.namecheap.com/ (kartu paypal/debit)

Penting untuk dipahami, jenis hosting cukup beragam. Jika Anda seorang pemula, pilih tipe hosting atau cloud hosting bersama, bukan VPS atau levelnya. Pilihan non VPS bukan karena kinerjanya yang buruk, tetapi karena penggunaan yang mudah dan telah dipasang oleh alat manajemen seperti cPanel yang saya sebutkan sebelumnya.

Selain pengunjung blog Mubadzir sedikit/masih belajar telah disewa VPS kecuali Anda memiliki banyak uang, silakan ... Ini akan menghemat waktu Anda daripada harus mempelajari operasi dasar VPS. Bagaimanapun, paket hosting rata -rata sekarang tersedia dalam paket sewa bulanan seperti VPS.

Anda dapat mencobanya tanpa banyak biaya. Anda juga dapat segera mencoba WorpDress Hosting sebagaimana ditawarkan oleh RUMAHWEB.com dan NAMECHEAP.COM dengan harga promo. Tetapi jika Anda memilih WordPress Hosting, maka karena namanya menyiratkan paket hosting ini hanya dapat diinstal WordPress bukan yang lain.

Jika Anda ingin mencoba lebih banyak web dalam satu paket hosting (lebih efisien), saya masih merekomendasikan hosting bersama atau cloud daripada hosting WordPress. Dalam hal tutorial di YouTube telah tersebar

Memilih nama untuk blog

Membuat blog tidak harus menyematkan nama pembuatnya, misalnya helmykediri.com .. Prioritaskan memilih nama blog yang mudah diingat dan dicetak dalam memori. Lebih baik jika namanya Mrelevan dengan topik yang dibahas. Artinya, selain konten yang dibuat dengan baik, nama blog atau alamat Anda (URL) akan diingat oleh pengunjung sesuai dengan topik artikel tersebut.

Selain itu, pemilihan nama domain yang baik akan membuat web/blog Anda terlihat profesional. Nama atau alamat blog yang akan dipilih harus menunjukkan topik blog dan siapa penulisnya. Tetapi jika Anda adalah kepribadian yang unik, aturan yang saya sebutkan di atas tidak berlaku.

Alamat blog tidak perlu menunjukkan siapa Anda, tetapi tunjukkan karakteristik blog Anda. Menggunakan nama yang tidak umum meskipun sedikit eksentrik dan nama yang dipilih mungkin tidak terkait sama sekali dengan konten yang dibagikan juga baik -baik saja.

1. Pilih nama domain berdasarkan konten yang dibagikan

Misalnya di sini Anda akan membuat blog untuk meninjau/meninjau produk khusus, banyak pilihan nama/URL yang dapat digunakan dan menurut saya daftar berikut ini cukup bagus:

a. Reviewspintar.com

b. Previewmania.com

c. Reviews.id.id

d. Hpkeren.com

Misalnya jika di sini Anda akan membuat blog dengan topik tur:

a. Portraitkuliner.com

b. Pengalaman konten.id

c. Wisasetaseu.com

2. Memilih nama berdasarkan efek rasa

a. Jajananpanas.com (blog makanan, dll.)

b. Pvidio.com (plesetan vidio)

c. Brewok.com

d. Kakshit.com

e. Bang.ak (blog cerita horor, konyol)

f. Tuulalit.com

Untuk membuat nama domain yang unik, Anda dapat memanfaatkan ekstensi domain, tidak wajib palkai domain dot.com, karena ada banyak nama domain unik lainnya di luar sana .me .id. site .net

Belum ada Komentar untuk "Menjadi Blogger: Dan hasilkan uang, apa saja yang harus disiapkan ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close