Cara Mengaktifkan Less secure app access di Akun Google Terbaru - Agung Malang - Berita Dunia Seputar Teknologi & Informasi

Cara Mengaktifkan Less secure app access di Akun Google Terbaru

 Google telah menghabiskan banyak sumber daya untuk membuat akun Google Anda aman. Inilah sebabnya mengapa Google tidak lagi mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk masuk langsung dengan nama pengguna dan kata sandi Anda. 

Per tanggal 30 May, 2022 Google tidak lagi mendukung penggunaan aplikasi atau perangkat pihak ketiga yang meminta Anda untuk masuk ke Akun Google hanya menggunakan nama pengguna dan sandi Anda.


Aplikasi yang masih belum menggunakan standar keselamatan modern disebut aplikasi atau aplikasi khusus yang kurang aman oleh Google. Contoh aplikasi adalah klien Geary Email, yang merupakan aplikasi yang cukup bagus. Jika Anda mencoba menggunakan aplikasi seperti Geary dengan akun Google Anda, Anda harus terlebih dahulu mengizinkan aplikasi yang tidak aman untuk dimasukkan dengan akun Google Anda.

Keamanan online Anda sangat penting terutama hari ini. Kebanyakan orang saat ini menggunakan smartphone Android dan Chrome di PC mereka. Akun Google Anda tidak lagi hanya merupakan gerbang ke email Anda, tetapi juga telepon, kontak, detail bank, alamat, dan banyak informasi pribadi lainnya. Itulah sebabnya banyak perusahaan seperti Apple, Google, Facebook, dan Twitter mengaktifkan otentikasi 2 faktor secara default di semua akun. Tetapi jika Anda mengaktifkan 2-FA di akun Google Anda, Anda tidak dapat hanya mengizinkan aplikasi yang kurang aman. Anda juga dapat menggunakan Google Chrome Password Manager untuk mengelola kata sandi Anda.

Untuk kasus seperti itu, Google menawarkan metode lain untuk memungkinkan Anda masuk dari aplikasi yang kurang aman. Kami akan membahas 2 skenario di sini.

Memungkinkan Anda masuk dengan aplikasi yang kurang aman di google

Jika faktor otentikasi 2 tidak diaktifkan, Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengaktifkan aplikasi yang kurang aman untuk memasukkan akun Google Anda.

1. Pertama, Anda perlu mengunjungi halaman keamanan aplikasi yang kurang aman di akun Google Anda.

  • Kunjungi myaccount.google.com/security dan masukkan akun Google Anda jika Anda belum masuk.
  • Gulir ke bawah untuk menemukan akses aplikasi yang kurang aman ( Less secure app access ).
  • Klik Akses ke Nyalakan ( Not Recommended )

2. Atau, Anda juga dapat mengunjungi halaman akses aplikasi yang kurang aman secara langsung ( Less Secure App Access ) dan memasukkan akun Google Anda jika Anda belum masuk.

3. Klik satu -satunya sakelar pada halaman berikutnya untuk menyalakannya.

Jelas, ini tidak aman jika Anda mengaktifkan 2-FA. Itulah sebabnya Google tidak merekomendasikan agar Anda mengizinkan aplikasi yang kurang aman di akun Anda. Saran kami adalah untuk mengaktifkan 2-FA dan kemudian ikuti metode di bawah ini.

Dapatkan Kata Sandi Aplikasi Khusus dari Google ( Terbaru )

Jika Anda mengaktifkan 2-FA, Anda dapat membuat kata sandi aplikasi khusus untuk aplikasi yang kurang aman. Saat menggunakan kata sandi ini, Google akan mengizinkan aplikasi tersebut untuk memasukkan akun Google Anda. Inilah cara mendapatkan kata sandi khusus untuk aplikasi Anda dari Google.

1. Kunjungi myaccount.google.com/apppasswords di browser Anda dan masukkan akun Google Anda.

2. Jika Anda sudah memiliki kata sandi aplikasi khusus secara langsung, Anda akan melihatnya di sini.

3. Pilih aplikasi dan perangkat Anda dari menu tarik-hesitan. Anda juga dapat menambahkan nama khusus ke aplikasi dan perangkat Anda.

4. Klik Generate.

5. Selanjutnya, Anda akan melihat kata sandi yang aman yang hanya dapat digunakan dalam satu aplikasi.

Anda dapat menggunakan sandi ini sebagai ganti sandi Google Anda yang sebenarnya untuk masuk ke aplikasi yang kurang aman. Selamat Mencoba....

Baca Juga: Apa itu Verifikasi KYC di Bank ?

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Less secure app access di Akun Google Terbaru "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close