Apa itu verifikasi KYC di bank ? dan apakah sangat penting | Anti-Money Laundering - Agung Malang - Berita Dunia Seputar Teknologi & Informasi

Apa itu verifikasi KYC di bank ? dan apakah sangat penting | Anti-Money Laundering

Haloo... Kali ini saya akan memberi tahu Anda semua tentang verifikasi KYC. Siapa yang sudah tahu tentang verifikasi KYC? Jika Anda belum merujuk ke artikel, kali ini tentang verifikasi KYC di bawah ini!

Apa itu verifikasi KYC?

Ketahui pelanggan Anda atau umumnya dikenal sebagai verifikasi KYC sangat terkait erat dengan dunia perbankan dan teknologi keuangan atau fintech. Fungsi utama dari verifikasi KYC adalah melakukan proses identifikasi profil dan identitas pelanggan atau calon pelanggan yang akan melakukan transaksi atau membuat pinjaman di bank dan fintech.

Seperti namanya, KYC atau tahu verifikasi pelanggan Anda juga terkait erat dengan deteksi livenes yang memiliki tugas 'mengenali' atau mengetahui identitas seseorang seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, verifikasi KYC juga berfungsi untuk mengetahui rekam jejak seseorang, seperti pekerjaan, kegiatan transaksi, ke laporan keuangan seseorang.

Sama seperti deteksi livene, verifikasi KYC juga berguna untuk melindungi seseorang dari kejahatan seperti penipuan dan peretasan termasuk pencurian data seseorang.

Di Indonesia saja, kami mematuhi verifikasi KYC yang direkomendasikan secara langsung oleh The Financial Actioan Task Force (FATF) pada pencucian uang yang diprakarsai oleh negara-negara Grup 7 (G-7) pada konferensi 1989 di Prancis.

Penerapan verifikasi E-KYC di dunia bisnis

Seiring waktu, sekarang verifikasi KYC tidak hanya digunakan oleh dunia perbankan. Verifikasi KYC berkembang menjadi ranah digital dengan penampilan E-KYC yang tidak jauh berbeda dari verifikasi KYC fungsional.

Terutama ketika pandemi seperti, penggunaan E-KYC dianggap sebagai solusi yang tepat untuk menghindari kontak langsung dengan pelanggan. Selain itu, verifikasi E-KYC juga memiliki biaya yang lebih rendah dan tingkat keamanan yang sangat andal karena verifikasi E-KYC juga menerapkan prinsip-prinsip dasar dari Electronic Identification Standards And Trust Services (EIDAS).

Sekarang kita dapat melihat ada tiga jenis bisnis yang perlu menggunakan verifikasi E-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Bagaimana menurutmu?

1. Verifikasi E-KYC untuk perusahaan perbankan

Seperti yang disebutkan di atas, verifikasi E-KYC diperlukan oleh perusahaan perbankan untuk mengidentifikasi calon pelanggan dan meminimalkan risiko kejahatan. Karena pada saat ini perusahaan perbankan juga telah berubah menjadi bank digital yang tidak mengharuskan calon pelanggan untuk datang ke bank untuk melakukan transaksi.

Dengan adanya verifikasi E-KYC ini, calon pelanggan akan memiliki pengalaman baru dalam transaksi atau membuka akun baru di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang langsung ke bank dan membawa banyak dokumen. Ditambah dengan verifikasi E-KYC Pelanggan dapat melihat transaksi keuangan secara realtime.

Baca Juga: Cara Pasang Google Analytics di BlogSpot Update 2022

2. Verifikasi E-KYC untuk perusahaan asuransi

Masalah dalam proses administrasi telah menjadi salah satu faktor utama yang menjadi alasan mengapa banyak calon pelanggan enggan mendaftarkan asuransi. Nah Kisanak, verifikasi E-KYC dapat menjadi solusi bagi perusahaan asuransi dalam mengatasi masalah selama proses administrasi dalam melaksanakan proses otentikasi dan verifikasi identitas pelanggan secara digital.

3. Verifikasi E-KYC untuk startup fintech

Saat ini di Indonesia sudah ada banyak teknologi keuangan startup yang bermunculan. Mulai FinTech ini juga memiliki banyak jenis, seperti pembayaran seluler, e-wallet, dan Peer To Per Lending (P2P). Seperti dua perusahaan lain yang telah disebutkan di atas, startup Fintech juga membutuhkan verifikasi E-KYC untuk melaksanakan proses otentikasi dan verifikasi.

Terutama dengan startup fintech berbasis digital, mereka membutuhkan verifikasi E-KYC untuk menangkap calon pelanggan di luar area yang tidak dapat dicapai dengan tatap muka. Dengan verifikasi E-KYC, perusahaan fintech dapat meminimalkan pencucian uang atau pendanaan ilegal.

Bagaimana dengan tanggapan Anda tentang verifikasi E-KYC yang baru saja dibahas ? 

Cobalah berkomentar di bawah tanggapan Anda tentang verifikasi E-KYC. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini yaa. Semoga Bermanfaat....

Baca Juga: Apa Saja ? Kekurangan Dan Kelebihan Deposito Bank

Belum ada Komentar untuk "Apa itu verifikasi KYC di bank ? dan apakah sangat penting | Anti-Money Laundering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close